Cara Memotivasi Diri Sendiri

Cara Memotivasi Diri Sendiri


Kita tahu bahwa agar tetap termotivasi dibutuhkan sebuah perjuangan. Dalam realita hidup ini tidak bisa kita pungkiri bahwa setiap hari otak kita selalu diserang oleh pikiran negatif, apakah itu berupa kekhawatiran akan masa depan, penyesalan di masa lalu, dsb. Yah, setiap orang tanpa kecuali pasti pernah dihadapkan dengan berbagai persolan dan permasalahan dalam hidupnya, oleh karena itu perlu sekali agar kita bisa melatih dan menyemangati diri kita sendiri agar kita tetap semangat dan tidak terjatuh dalam pikiran negatif, yang justru jika dibiarkan akan lebih memperburuk keadaan yang sedang terjadi. Karena pada dasarnya setiap manusia itu diciptakan sama oleh Tuhan, yang membedakannya cuma dari cara kita berfikir, cara kita memandang sebuah persoalan, jika kita memiliki mental seorang juara/pemenang, maka kita akan bisa terus maju. Tetapi jika kita mempunyai mental "tempe" maka kita akan menjadi seorang pecundang. Lalu muncul pertanyaan "Bagaimana caranya agar kita tetap termotivasi dan selalu semangat dalam menjalani hidup ini?".

Penyebab kita kurang Motivasi adalah :
1. Kurangnya kepercayaan diri: Jika anda tidak percaya diri sendiri bahwa anda bisa sukses, lalu untuk apa anda mencoba? disini, kita perlu membulatkan tekad dalam melakukan sesuatu yang yang ingin kita raih.
2. Tidak Fokus. Jika anda tidak tahu apa yang benar-benar anda inginkan, lalu bagaimana anda bisa mendapatkan sesuatu? Coba pikirkan hal ini, dan renungkan sejenak lalu tanya diri sendiri "Apa sebenarnya yang benar-benar saya inginkan dalam hidup ini?".
3. Tidak tahu arah tujuan hidup. Jika anda tidak tahu kemana tujuan anda pergi, lalu bagaimana anda bisa sampai tepat ditempat yang anda tuju? Kenali diri sendiri kemana sebenarnya arah dan tujuan hidup anda.

Bagaimana cara untuk memotovasi diri sendiri?
Seperti yang telah kita ketahui bersama bawa ketidakpercayaan pada diri sendiri merupakan faktor paling banyak kenapa seseorang tidak termotivasi. Pada umumnya hal tersebut terjadi karena kita sepenuhnya hanya fokus kepada apa yang kita inginkan dan melupakan apa yang telah kita miliki dan dapatkan. Dan bila kita cuma fokus pada apa yang kita inginkan saja, maka pikiran kita akan menjelaskan mengapa kita tidak mendapatkan apa yang kita inginkan tersebut, dan ketika ini terjadi hal tersebut bisa menciptakan pikiran negarif, seperti kegagalan di masa lalu, tidur yang tidak teratur, dan kelemahan pribadi yang mendomonasi pikiran kita. Dan sering sekali kita menjadi seorang yang pencemburu terhadap pesaing kita, dan pada kondisi tersebut pikiran kita menciptakan alasan yang seolah-olah logis.

Berikut ini adalah beberapa tips efektif yang saya temukan untuk membangun motivasi diri :

1. Memiliki Alasan

Saya tidak bisa menjabarkan, mengapa motivasi merupakan alasan terkuat anda sehingga mampu menghadapi segala rintangan. Motivasi dapat menginspirasi anda untuk memberikan yang terbaik, bahkan dalam menghadapi kesulitan. Hal ini dapat membuat anda melakukan hal-hal yang tampaknya mustahil.
Sementara alasan lainnya bisa menginspirasi anda hanya untuk sementara. Motivasi merupakan hal penting bagi anda, sesuatu yang dapat menginspirasi anda tanpa batas.

2. Memiliki Mimpi yang besar

Alasan anda adalah motivasi anda. Tetapi anda perlu action untuk membuatnya mimpi anda menjadi kenyataan. Bayangkan bagaimana dunia anda di masa depan. Bayangkan bagaimana orang akan hidup dan bekerja.
Jack Ma : Nasihat Kesuksesan di Tahun 2017 sukses usia muda usia tua sebelum 30 Jack Ma miliader kaya finansial work bekerja motivasi inspirasi kisah suksesMemiliki mimpi itu penting, karena sulit untuk termotivasi jika anda tidak memiliki keinginan apapun. Mari kita ambil sebuah contoh tentang orang-orang yang bermain basket. Apakah mereka akan termotivasi untuk bermain jika tidak ada keranjang untuk memasukkan bola basket? Saya rasa tidak. Mereka membutuhkan goal. Anda perlu tujuan. Itulah mimpi yang perlu anda wujudkan.

3. Memiliki Keinginan yang Kuat

Agar benar-benar termotivasi, anda harus memiliki KEINGINAN KUAT, dan bukan hanya keinginan. Memiliki keinginan belaka tidak akan membawa anda melalui masa-masa sulit. Karena anda tidak ingin terjadi sesuatu yang buruk. Dalam banyak kasus seperti olahraga, keinginan yang kuat dapat membuat perbedaan. Antara pemain terbaik, dengan pemain yang biasa-biasa saja.

Bagaimana cara agar anda dapat memiliki keinginan yang kuat? Alasan anda dan impian anda memainkan peran besar disini. Jika anda memiliki alasan dan mimpi besar yang berkaitan, maka anda pasti memiliki keinginan kuat di dalam diri anda.

4. Berlombalah dengan Diri Anda Sendiri


Membandingkan diri anda dengan orang lain adalah cara yang efektif untuk membuat anda kehilangan motivasi diri. Walaupun anda memulainya dengan antusias, anda akan kehilangan energi ketika anda membandingkan diri anda dengan orang lain.

Jangan biarkan hal itu terjadi pada anda. Anda memiliki keistimewaan sendiri, sehingga bagaimana perform orang lain bukanlah hal yang pantas untuk dibandingkan.

Satu-satunya pesaing yang anda miliki adalah diri anda sendiri. Satu-satunya yang perlu anda kalahkan adalah diri anda. Apakah anda bisa menjadi yang terbaik?

5. Ambil Satu Langkah Lagi


Ketika anda bertemu rintangan di sepanjang jalan, mungkin ada kecenderungan untuk berhenti. Anda mungkin berpikir bahwa terlalu sulit untuk melanjutkan kembali. Anda mungkin berpikir bahwa impian anda tidak mungkin untuk dicapai.

Tapi ini adalah waktu yang tepat. Dimana anda dapat melihat perbedaan antara pemenang dan pecundang. Meskipun keduanya menghadapi kesulitan yang sama, ada satu hal yang membuat para pemenang berbeda: keberanian untuk melanjutkan.


Lalu bagaimana agar kita keluar dari pikiran negatif tersebut?


Caranya adalah fokus pada rasa syukur, fokuslah pada apa yang anda miliki, pada apa yang telah anda capai dan telah anda raih. Luangkan waktu untuk membuat daftar  kekuatan mental anda, kesuksesan anda dimasa lalu, dan keuntungan anda saat ini, agar pikiran kita tetap dalam frekuensi yang positif, yang mana anda akan menyadari betapa sukses dan kompetennya anda. Hal ini bisa menumbuhkan kembali rasa percaya diri anda dan mulai membangun kesuksesan anda kembali dengan cara berpikir positif.

Mungkin terdengar sediki konyol bahwa mengulangi hal-hal yang telah kita tahu bisa meningkatkan pola pikir kita, tetapi percayalah bahwa hal itu bisa sangat efektif ketika kita sedang terpuruk. Tanpa kita sadari pikiran kita bisa melakukan manipulasi hal yang salah terhadap relalita hidup ini. Semakin banyak hal negatif yang kita pikirkan, akan mempengaruhi dan mengkonfirmasi kepercayaan itu. Jika anda percaya bahwa anda bisa sukses, maka pikiran anda akan mencari cara bagaimana mendapatkannya.


Bagaimana agar tetap Fokus?

FOCUS (Finding Opportunity Untul You Succeed). Hal fatal kedua yang bisa mengikis motivasi adalah karena tidak fokus pada apa yang kita inginkan. Jika anda ditanya dengan pertanyaan: "Mana yang lebih dominan yang sering anda pikirkan, apakah anda fokus pada apa yang anda inginkan atau fokus pada apa yang tidak anda inginkan?". Jika jawaban anda lebih sering fokus pada apa yang tidak anda inginkan, kenapa anda tidak fokus pada tujuan yang konkret?. Biasanya hal-hal yang tidak anda inginkan muncul dalam bentuk ketakutan, dan menjelma dalam pikiran seperti: Aku takut menjadi miskin, takut tidak ada orang yang menghargai saya, Aku takut sendirian, dll. Masalahnya adalah pemikiran tentang ketakutan tersebut tidak akan membuat kita menjadi lebih baik, bahkan kita cenderung akan melakukan ketakutan tersebut, sehingga pada akhirnya ketakutan itu akan memakan diri anda dan menghilangkan motivasi didiri anda.

Jika anda terjebak pada ketakutan pemikiran, maka langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah membuat goal (tujuan) dalam hidup yang benar-benar jelas dan mendefinisikannya, karena dengan mendefinisikan tujuan anda dengan jelas, maka anda akan menindaklanjutinya dalam bentuk tindakan. Jika anda takut pada kemiskinan, buatlah serangkaian rencana untuk menciptakan penghasilan/pendapatan bagi anda. Kuncinya adalah terus bergerak dan melakukan tindakan untuk mewujudkan goal-goal dalam hidup anda.

Bagaimana Mengembangkan Tujuan Hidup ?


Langkah ketiga agar temotivasi adalah mengetahui tujuan hidup anda. Jika fokus berarti anda memiliki goal-goal, maka memiliki tujuan berarti anda melakukan action (tindakan) berstrategi untuk meraihnya. Karena tidak memiliki tujuan bisa menjadi pembunuh motivasi, sehingga kita tidak melakukan tindakan dan berujung pada penundaan membuang-buang waktu. Contohnya jika anda ingin memiliki blog yang populer, tetapi anda malah membuang-buang waktu untuk Facebookan daripada menulis artikel blog anda untuk mendapatkan taffic (pengunjung).

Kunci untuk menemukan arah tujuan adalah dengan mengidentifikasi masalah dan tindakan-tindakan anda sehari-hari yang bisa membawa anda pada kesuksesan. Untuk meraih setiap goal ada aktivitas yang harus anda bayar. Buatlah daftar aktivitas-aktivitas dan mengaturnya berdasarkan hasil yang ingin anda raih. Kemdian lakukan action yang kongkret untuk mengarahkan pada tujuan anda

0 Response to "Cara Memotivasi Diri Sendiri"

Posting Komentar